Prototipe Celengan Elektronik Dinar Dirham

Sebuah kotak penyimpan elektronik Dinar Dirham telah dikembangkan, dan bisa menjawab kebutuhan masyarakat untuk penyimpanan yang aman.

Semakin banyaknya orang yang menggunakan mata uang syariah Dinar emas dan Dirham perak menimbulkan kebutuhan baru sarana penyimpanannya. Pertanyaan pertama yang sering diajukan oleh orang ramai adalah: di mana menyimpan koin ini secara aman? Tentu saja cara teraman menyimpan koin Dinar dan Dirham adalah di tempat pribadi, yang tidak diketahui orang lain, kecuali yang diberi hak untuk itu. Pilihan kedua, ini yang banyak dilakukan pemilik Dinar dan Dirham saat ini, adalah menitipkannya pada satu pihak, yang tersedia saat ini adalah dengan menyewa safe deposit box (SDB). Tapi layanan SDB ini termasuk masih agak jarang.

Kebutuhan ini rupanya menarik minat sejumlah mahasiswa teknik di Kulliyah of Engineering, International Islamic University Malaysia, yang kemudian mengembangkan sejenis kotak penyimpanan itu, yang dapat digunakan untuk keperluan pribadi. Tapi, berbeda dengan SDB konvensional, kotak penyimpan ini, bisa disebut sebagai "kotak celengan" dirancang secara elektronik, sekaligus mampu mendeteksi keaslian koin emas yang hendak disimpan.

Prinsip kerjanya adalah dengan cara mengkonversikan berat koin menjadi gelombang alphanumeris yang kemudian ditampilkan dalam layar LCD mini, sambil mengindikasikan sifat benda yang melewatinya (dalam hal ini kadar emas). Alat ini dilengkapi juga dengan alarm yang akan berbunyi bila koin yang dimasukkan dalam lubang kotak ini tidak sesuai dengan standar keaslian emas. Saat ini prototipe alat yang bahkan belum diberi nama ini (secarateknis disebut: Programmable Dinar Coins Saving Electronic Device) sudah tersedia. Secara fisik, dalam posisi vertikal, ukurannya agak lebih kecil dari kotak CPU komputer desk top.

"Kami sedang mencari investor untuk memproduksinya dalam skala industri," ujar Abiodun Musa Aibinu, salah satu mahasiwa di IIUM, belum lama berselang. Target pasar alat ini adalah tempat-tempat yang pemakai Dinar Dirhamnya telah cukup banyak, sperti Indonesia dan Malaysia.

Anda berminat menjadi investor dan memproduksi alat ini?

Sumber: http://www.wakalanusantara.com/detilurl/Prototipe.Celengan.Elektronik.Dinar.Dirham/548/id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar