PROFIL BMT BERKAH UKHUWAH

Melihat kondisi ril masyarakat kita yang dari sisi ekonomi belum dapat hidup secara layak dan mapan, masih sering terjerat rentenir, tidak adanya lembaga yang dapat membantu untuk meningkatkan pendapat mereka, tidak punya posisi tawar dengan pihak lain dan kondisi-kondisi lainnya yang serba tidak menguntungkan bagi masyarakat kecil.

Padahal dari potensi yang dimiliki oleh mereka yang apabila dikelola oleh sistem kebersamaan, maka akan dapat meningkatkan ekonomi mereka. Dengan memperhatikan permasalahan di atas, maka dirintislah BMT (Baitul Maal wat Tamwiil) Berkah Ukhuwah.

BMT Berkah Ukhuwah merupakan lembaga keuangan mikro syari'ah yang notabenenya adalah lembaga keuangan aset umat dengan prinsip operasionalnya mengacu pada prinsip-prinsip syari'at Islam. BMT Berkah Ukhuwah dibentuk dalam upaya memberdayakan umat secara kebersamaan melalui kegiatan simpanan dan pembiayaan serta kegiatan-kegiatan lain yang berdampak pada peningkatan ekonomi anggota dan mitra binaan ke arah yang lebih baik, lebih aman, serta lebih adil.

Sebagai lembaga yang mengemban misi sosial, maka dibentuklah divisi Baitul Maal agar dapat berjalan secara optimal melayani umat, dan sebagai lembaga bisnis maka dibentuklah Baitut Tamwil dengan dikelola oleh tenaga muslim yang profesional dibidang keuangan. Insya Allah akan menampilkan lembaga keuangan syari'at yang sehat, berkualitas, dan memenuhi harapan umat.

Visi

Menjadi Baitul Maal wat Tamwil (BMT) yang Mandiri, Amanah, Menenteramkan, Profesional dan Unggul dalam memberdayakan ekonomi umat khususnya di Kota Dumai hingga tahun 2015.

Misi

1. Menerapkan prinsip prinsip syari’ah dalam kegiatan ekonomi, memberdayakan pengusaha kecil dan membangkitkan kepedulian aghniya’ kepada dhu’afa’ secara terpadu dan berkesinambungan dalam bingkai ukhuwah Islamiyah.
2. Menjalankan fungsi lembaga pembiayaan syariah yang profesional dan menguntungkan.
3. Berperan serta dalam gerakan merubah dari ekonomi ribawi ke ekonomi syariah

Tata Nilai

1. MANDIRI
Tidak berafiliasi pada organisasi/kelompok tertentu, independen, dan percaya pada kemampuan sumber daya lokal.

2. AMANAH
Menjunjung tinggi etika bisnis, bertindak fair, memenuhi janji dan tidak menyelewengkan kepercayaan. Selalu mengganggap penting dan berarti semua kata dan perbuatan yang muncul serta selalu merawat kesepakatan.

3. MENENTERAMKAN
Berorientasi dalam menciptakan kegiatan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan sesuai syariah melalui kerjasama dan ukhuwah. Selalu menghargai, menghormati dan peduli pada mitra usaha kecil dan mikro.

4. PROFESIONAL
Selalu mengoptimalkan efisiensi dan standar performance yang tinggi dalam pekerjaan sehari-hari

5. UNGGUL
Mempunyai komitmen untuk memberi pelayanan yang exellent dan tulus kepada semua orang yang terlibat dalam rangka memberdayakan ekonomi umat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar